BAB 1
PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang
Microsoft Excel (MS-Excel) merupakan
program aplikasi spreadsheet (lembar kerja elektronik) canggih yang paling
populer dan paling banyak digunakan saat ini. Excel akan sangat membantu kita
dalam hal menghitung, memproyeksikan, menganalisa dan mampu mempresentasikan
data dalam bentuk tabel dengan berbagai jenis tabel yang disediakannya, mulai
dari bentuk Bar, Grafik, Pie, Line dan banyak lagi. Excel 2000 merupakan
pengembangan dari excel versi sebelumnya yang lebih ditingkatkan fungsinya dan
dikonsentrasikan agar spreadsheet ini lebih familiar (mudah dipakai), lebih
fleksibel, lebih mudah diintegrasikan dengan program office lainnya dan yang
tak kalah penting adalah kemampuan untuk langsung berhubungan dengan internet.
Walaupun demikian, Excel 2000 ini akan selalu dikembangkan oleh pihak Microsoft
sehingga akhirnya kita betul-betul dimanja oleh software Microsoft ini.
1.2
Rumusan Masalah
1.2.1. Apa definisi dan fungsi Microsoft Excel?
1.2.2. Bagaimana cara menggunakan Microsoft Excel dengan
baik dan
benar?
1.2.3. Bagaimana cara mengaplikasikan Microsoft Excel
dalam bidang
pendidikan?
1.3
Tujuan
1.3.1
Memahami cara memulai,
menjalankan, dan mengakhiri perangkat lunak Microsoft Office Excel.
1.3.2
Mengoperasikan fungsi menu-menu
lembar sebar
1.3.3
Mengoperasikan menu-menu
editing lembar sebar
1.3.4
Menggunakan rumus dan fungsi
pada lembar sebar
1.3.5
Mengoperasikan perintah cetak
pada lembar sebar
1.3.6
Mampu menggunakan /
mengaplikasikan penggunaan Microsotf Office Excel dalam kehidupan sehari-hari.
1.4
Manfaat
1.4.1
Menambah pengetahuan tentang Microsoft Excel 2007
1.4.2
Melatih siswa-siswi untuk membuat Makalah
1.4.3
Menambah
topik guru yang diajarkan dengan adanya Makalah dari siswa-siswi
BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Definisi dan Sejarah
Microsoft Excel
v Pengenalan Microsoft Excel
Microsoft Excel atau Microsoft Office Excel
adalah sebuah program aplikasi lembar kerja spreadsheet yang dibuat dan
didistribusikan oleh Microsoft Corporation untuk sistem operasi Microsoft
Windows dan Mac OS. Aplikasi ini memiliki fitur kalkulasi dan pembuatan grafik
yang baik, dengan menggunakan strategi marketing Microsoft yang agresif,
menjadikan Microsoft Excel sebagai salah satu program komputer yang populer
digunakan di dalam komputer mikro hingga saat ini. Bahkan, saat ini program ini
merupakan program spreadsheet paling banyak digunakan oleh banyak pihak, baik
di platform PC berbasis Windows maupun platform Macintosh berbasis Mac OS,
semenjak versi 5.0 diterbitkan pada tahun 1993. Aplikasi ini merupakan bagian
dari Microsoft Office System, dan versi terakhir adalah versi Microsoft Office
Excel 2007 yang diintegrasikan di dalam paket Microsoft Office System 2007 .
Microsoft Excel merupakan perangkat lunak
untuk mengolah data secara otomatis meliputi perhitungan dasar,
penggunaan fungsi-fungsi, pembuatan grafik dan manajemen data. Perangkat
lunak ini sangat membantu untuk menyelesaikan
permasalahan administratif mulai yang paling sedernaha
sampai yang lebih kompleks. Permasalahan sederhana tersebut
misalnya membuat rencana kebutuhan barang meliputi nama barang, jumlah barang
dan perkiraan harga barang. Permasalahan ini sebenarnya dapat juga diselesaikan
menggunakan Microsoft Word karena hanya sedikit memerlukan proses perhitungan,
tetapi lebih mudah diselesaikan dengan Microsoft Excel. Contoh
permasalahan yang lebih kompleks adalah pembuatan laporan keuangan (general
ledger) yang memerlukan banyak perhitungan, manajemen data dengan
menampilkan grafik data pivot tabel atau penggunaan fungsi-fungsi matematis
ataupun logika pada sebuah laporan. Penyelesaian permasalahan yang komplek juga
dapat memanfaatkan pemograman macro yang disediakan oleh Excel agar proses
penggunaan lebih mudah.
v Sejarah Singkat Microsoft Excel
Pada tahun 1982,
Microsoft membuat sebuah program spreadsheet
yang disebut dengan Multiplan, yang sangat populer dalam sistem-sistem CP/M, tapi tidak dalam sistem MS-DOS mengingat di
sana sudah berdiri saingannya, yakni Lotus 1-2-3. Hal ini membuat Microsoft memulai pengembangan
sebuah program spreadsheet yang baru yang disebut dengan Excel, dengan
tujuan, seperti yang dikatakan oleh Doug Klunder, "do everything 1-2-3 does and do it better/melakukan apa yang
dilakukan oleh 1-2-3 dan lebih baik lagi".
Versi pertama Excel
dirilis untuk Macintosh pada tahun 1985 dan versi Windows-nya menyusul (dinomori versi 2.0) pada November 1987.
Lotus ternyata terlambat turun ke pasar program spreadsheet untuk Windows, dan
pada tahun tersebut, Lotus 1-2-3 masih berbasis MS-DOS. Pada tahun 1988,
Excel pun mulai menggeser 1-2-3 dalam pangsa pasar program spreadsheet dan menjadikan Microsoft
sebagai salah satu perusahaan pengembang aplikasi perangkat lunak untuk
komputer pribadi yang andal. Prestasi ini mengukuhkan Microsoft sebagai
kompetitor yang sangat kuat bagi 1-2-3 dan bahkan mereka mengembangkannya lebih
baik lagi. Microsoft, dengan menggunakan keunggulannya, rata-rata merilis versi
Excel baru setiap dua tahun sekali, dan versi Excel untuk Windows terakhir
adalah Microsoft Office Excel 2010 (Excel 14), sementara untuk Macintosh (Mac
OS X), versi terakhirnya adalah Excel for Mac.
Pada awal-awal
peluncurannya, Excel menjadi sasaran tuntutan perusahaan lainnya yang bergerak
dalam bidang industri finansial yang telah menjual sebuah perangkat lunak yang
juga memiliki nama Excel. Akhirnya, Microsoft pun mengakhiri tuntutan tersebut
dengan kekalahan dan Microsoft harus mengubah nama Excel menjadi "Microsoft
Excel" dalam semua rilis pers dan dokumen Microsoft. Meskipun
demikian, dalam prakteknya, hal ini diabaikan dan bahkan Microsoft membeli
Excel dari perusahaan yang sebelumnya menuntut mereka, sehingga penggunaan nama
Excel saja tidak akan membawa masalah lagi. Microsoft juga sering menggunakan
huruf XL sebagai singkatan untuk program tersebut, yang meskipun tidak
umum lagi, ikon yang digunakan oleh program tersebut masih terdiri atas dua
huruf tersebut (meski diberi beberapa gaya penulisan). Selain itu, ekstensi
default dari spreadsheet yang
dibuat oleh Microsoft Excel hingga versi 11.0 (Excel 2003) adalah *.xls
sedangkan mulai Microsoft Office Excel 2007 (versi 12.0) ekstensi default-nya
adalah *.xlsx yang mendukung format HTML namun dengan isi yang sama memiliki
ukuran file yang lebih kecil jika dibandingkan dengan versi-versi Excel
sebelumnya.
Excel menawarkan banyak
keunggulan antarmuka jika dibandingkan dengan program spreadsheet yang mendahuluinya, tapi esensinya masih sama dengan
VisiCalc (perangkat lunak spreadsheet yang terkenal pertama
kali): Sel disusun dalam baris dan kolom, serta mengandung data
atau formula dengan berisi referensi absolut atau referensi
relatif terhadap sel lainnya.
Excel merupakan
program spreadsheet pertama
yang mengizinkan pengguna untuk mendefinisikan bagaimana tampilan dari spreadsheet yang mereka sunting:
font, atribut karakter, dan tampilan setiap sel. Excel juga menawarkan
penghitungan kembali terhadap sel-sel secara cerdas, di mana hanya sel yang
berkaitan dengan sel tersebut saja yang akan diperbarui nilanya (di mana
program-program spreadsheet
lainnya akan menghitung ulang keseluruhan data atau menunggu perintah khusus
dari pengguna). Selain itu, Excel juga menawarkan fitur pengolahan grafik yang
sangat baik.
Ketika pertama
kali dibundel ke dalam Microsoft Office pada tahun 1993, Microsoft pun
mendesain ulang tampilan antarmuka yang digunakan oleh Microsoft Word dan Microsoft PowerPoint untuk mencocokkan dengan tampilan Microsoft
Excel, yang pada waktu itu menjadi aplikasi spreadsheet yang paling disukai.
Sejak tahun 1993,
Excel telah memiliki bahasa
pemrograman Visual Basic for
Applications (VBA), yang
dapat menambahkan kemampuan Excel untuk melakukan automatisasi di dalam Excel
dan juga menambahkan fungsi-fungsi yang dapat didefinisikan oleh pengguna (user-defined functions/UDF) untuk
digunakan di dalam worksheet.
Dalam versi selanjutnya, bahkan Microsoft menambahkan sebuah integrated development environment (IDE) untuk bahasa VBA untuk Excel, sehingga
memudahkan programmer untuk melakukan pembuatan program buatannya. Selain itu,
Excel juga dapat merekam semua yang dilakukan oleh pengguna untuk menjadi macro, sehingga mampu melakukan
automatisasi beberapa tugas. VBA juga mengizinkan pembuatan form dan kontrol
yang terdapat di dalam worksheet untuk dapat berkomunikasi dengan penggunanya.
Bahasa VBA juga mendukung penggunaan DLL ActiveX/COM, meski tidak
dapat membuatnya. Versi VBA selanjutnya menambahkan dukungan terhadap class module sehingga mengizinkan
penggunaan teknik pemrograman
berorientasi objek dalam
VBA.
Fungsi automatisasi yang
disediakan oleh VBA menjadikan Excel sebagai sebuah target virus-virus macro. Ini merupakan problem yang sangat serius dalam
dunia korporasi hingga para pembuat antivirus mulai
menambahkan dukungan untuk mendeteksi dan membersihkan virus-virus macro dari berkas Excel. Akhirnya, meski terlambat,
Microsoft juga mengintegrasikan fungsi untuk mencegah penyalahgunaan macro dengan menonaktifkan macro
secara keseluruhan, atau menngaktifkan macro ketika mengaktifkan workbook, atau
mempercayai macro yang dienkripsi dengan menggunakan sertifikat digital
yang tepercaya.
v Format berkas
Dari pertama kali dirilis, Excel menggunakan format berkas biner yang disebut dengan Binary Interchange File Format (BIFF) sebagai format berkas utamanya. Hal ini berubah ketika Microsoft merilis Office System 2007 yang memperkenalkan Office Open XML sebagai format berkas utamanya. Office Open XML adalah sebuah berkas kontainer berbasis XML yang mirip dengan XML Spreadsheet (XMLSS), yang diperkenalkan pada Excel 2002. Berkas versi XML tidak dapat menyimpan macro VBA.
Meskipun mendukung format XML yang baru, Excel 2007 masih mendukung format-format lamanya yang masih
berbasis BIFF yang tradisional. Selain itu, kebanyakan versi Microsoft Excel
juga mendukung format Comma Separated Values (CSV
), DBase File (DBF
), SYmbolic
LinK (SYLK
), Data Interchange Format (DIF
) dan banyak
format lainnya, termasuk di antaranya format worksheet milik Lotus 1-2-3 (WKS
, WK1
, WK2
, dan lain-lain) dan Quattro Pro.
Excel 2007 tidak mendukung untuk melakukan penyimpanan pada semua format tersebut. Beberapa format yang tidak dapat dibuka di Excel 2007 tapi dapat dibuka di versi sebelumnya adalah:
- WK1 (1-2-3)
- WK4 (1-2-3)
- WJ3 (1-2-3 Japanese) (.wj3)
- WKS (1-2-3)
- WK3 (1-2-3)
- WK1 FMT(1-2-3)
- WJ2 (1-2-3 Japanese) (.wj2)
- WJ3, FJ3 (1-2-3 Japanese) (.wj3)
- DBF 2 (dBASE II)
- WQ1 (Quattro Pro/DOS)
- WK3,FM3(1-2-3)
- Microsoft Excel Chart (.xlc)
- WK1, ALL(1-2-3)
- WJ1 (1-2-3 Japanese) (.wj1)
- WKS (Works Japanese) (.wks)
Sedangkan beberapa format yang dapat
dibuka, tapi tidak dapat disimpan di Excel 2007 antara lain:
- Microsoft Excel 2.1 Worksheet
- Microsoft Excel 2.1 Macro
- Microsoft Excel 3.0 Worksheet
- Microsoft Excel 3.0 Macro
- Microsoft Excel 4.0 Worksheet
- Microsoft Excel 4.0 Macro
- Microsoft Excel 97 - Excel 2003 & 5.0/95 Workbook
- Microsoft Excel 4.0 Workbook
- DBF 3 (dBASE III)
- DBF 4 (dBASE IV)
Berikut ini adalah beberapa ekstensi Microsoft Excel:
*.xls
, merupakan format default Microsoft Excel sebelum Excel 12. Masih berbasis format BIFF dan dapat menyimpan macro VBA.*.xlt
, merupakan format untuk template worksheet Microsoft Excel sebelum Excel 12. Masih berbasis format BIFF dan dapat menyimpan macro VBA.*.XML
, atau yang disebut sebagai XML Spreadsheet. Tidak mampu menampung macro VBA.*.xla
, merupakan format untuk Excel Add-in sebelum Excel 12. Masih berbasis format BIFF dan dapat menyimpan macro VBA, mengingat tujuannya adalah untuk menambahkan kemampuan Microsoft Excel.*.xlsx
, merupakan format default worksheet Microsoft Excel 12, yang telah berbasis XML. Tidak dapat menyimpan macro VBA, karena alasan keamanan. Sebenarnya merupakan sebuah arsip terkompres berformat ZIP dengan struktur dokumen yang terdiri atas dokumen teks XML. Adalah pengganti dari format.xls
yang kuno.*.xlsm
, merupakan format worksheet Microsoft Excel 12, yang telah berbasis XML, tapi dapat menyimpan macro VBA.*.xlsb
, merupakan format worksheet Microsoft Excel 12, yang telah berbasis XML, tapi dikodekan dalam bentuk biner. Format ini memiliki keunggulan lebih kepat dibuka dan lebih efisien, mengingat tujuan dibuatnya format ini adalah untuk menangani worksheet yang sangat besar yang terdiri atas puluhan ribu baris atau ratusan kolom.*.xltm
, merupakan format untuk template worksheet Microsoft Excel 12, yang telah berbasis XML tapi mampu menyimpan macro VBA. Merupakan pengganti dari format*.xlt
.*.xlam
, merupakan format untuk Excel Add-in untuk menambah kemampuan Excel 12. Secara default mampu menangani macro VBA, mengingat tujuannya adalah menambahkan kemampuan Excel.
2.2. Fungsi Microsoft
Excel
1. Kalkulasi, dengan program ini
kita bisa melakukan kalkulasi atau penghitungan dengan mudah, baik penghitungan
yang sederhana maupun dengan rumus – rumus yang sangat kompleks.
2. Grafik, dengan program ini kita
bisa mempresentasikan data kita dalam bentuk grafik yang komunikatif.
3. Komunikasi, dengan program ini
kita juga bisa berkomunikasi dengan pengguna (user) lain.Program ini sudah
dirancang untuk bisa saling bertukar informasi dalam bentuk jaringan dimana
orang lain bisa membuka lembar kerja kita dari terminal (komputer) yang
berlainan,bahkan ia juga bisa melakukan perubahan pada lembar kerja yang sama
pada saat yang bersamaan pula.
4. Internet,suatu saat mungkin kita
akan mengirim data dalam bentuk tabel atau grafik pada orang lain di tempat di
seluruh dunia,Microsoft Excel bisa melakukanya dengan baik sekali.
5. Otomatis, dengan Excel kita bisa
menggunakan otomatisasi penghitungan data yang kita ketikkan.Dengan perumusan
yang benar,maka Excel akan langsung melakukan perubahan secara otomatis
terhadap data kita setiap kali mengalami perubahan.
6. Aplikasi, Microsoft Excel dapat
membantu kita merancang aplikasi siap pakai,yaitu dengan fasilitas macro.
2.3.
Kelebihan dan Kekurangan
Microsoft Excel
Excel
2007 hadir dengan tambahan berbagai fasilitas sehingga lebih sempurna
dibandingkan dengan versi sebelumnya. Fitur baru tersebut antara lain adalah
desain jendela (interface) Excel, jumlah baris dan kolom lebih banyak, format
file baru, penulisan formula lebih mudah. Office Themes dan Excel Styles,
pengurutan dan penyaringan data didesain lebih canggih, tampilan grafik yang
lebih variatif, PivotTable lebih mudah digunakan dan sebagainya. Perhatikan
sebagian ilustrasi berikut ini:
1.
Jumlah kolom yang tersedia di
Excel 2007 adalah 16.384 yang dimulai dari kolom A hingga berakhir di kolom
XFD, versi sebelumnya hanya 256 kolom. Serta baris dalam Excel 2007
sebanyak 1.048.576 yang dimulai dari baris 1 dan berakhir di baris 1.048.576,
versi sebelumnya 65.536.
2.
Pada Excel 2003, jumlah sel
sekitar 16 juta, tapi pada Excel 2007, jumlah sel mencapai 17 miliar.
3.
Memori yang digunakan di dalam
komputer, saat ini dapat sampai batas maksimal yang berlaku di Microsoft
Windows, sebelumnya hanya 1 megabyte.
4.
Jumlah warna unik dalam sebuah
workbook dapat mencapai 4.3 milyar, sebelumnya hanya 56.
5.
Jumlah kondisi pada fasilitas
format kondisional, Excel versi terbaru ini hanya dibatasi oleh kapasitas
memori, sebelumnya hanya ada 3 kondisi.
6.
Jumlah level pada fasilitas
Sort atau pengurutan data, saat ini sampai 64 level, bandingan dengan versi
sebelumnya yang hanya 3 level.
7.
Jumlah daftar pada menu
drop-down dalam fasilitas Filter bisa mencapai 10.000, sebelumnya hanya 1.000.
8.
Maksimal jumlah karakter dalam
sebuah formula diperbolehkan sampai 8.000, sebelumnya hanya 1.000 karakter.
9.
Jumlah maksimal argumen pada
fungsi, versi terbaru ini membolehkan sampai 255 argumen, sebelumnya hanya 30
argumen.
10.
Maksimal jumlah item yang
dihasilkan dari perintah Find, kini mencapai 2 Milyar, sebelumnya hanya 64.000.
11.
Jumlah baris yang diperbolehkan
di dalam sebuah PivotTable, saat ini mencapai 1 Juta baris lebih, sebelumnya
hanya 64.000.
12.
Jumlah kolom yang tersedia pada
versi baru ini adalah 16.000 kolom, sebelumnya hanya 255 kolom.
13.
Jumlah field pada PivotTable
dapat mencapai 16.000, sebelumnya 255.
14.
Excel 2007 format yang paling
populer dan fleksibel jadi sebagian besar software data entry ada fasilitas
konversi ke format excel atau format lain yang bisa dibaca excel. Atau jika
dibutuhkan kita bisa konversi balik dari excel ke software statistik lainnya.
15.
Dengan memanfaatkan fungsi
VLOOKUP dan HLOOKUP, kita bisa mengkontrol identitas responden untuk keperluan
transfer informasi antar tabel, antar sheet atau antar file excel.
16.
Dengan Pivot Tables, kita bisa
kerja lebih efektif karena semua tabel summary yang kita rencanakan bisa kita
buat dahulu walaupun data belum masuk semua. Setiap ada data masuk otomatis
pivot table akan me-refresh sehingga tabel akan terupdate sendiri. Ini sangat
berguna, kecuali kita jago membuat syntax dan saya yakin banyak orang yang
tidak hobby main syntax.
Kelemahan tentu Ada dan ini menjadi perhatian extra
untuk menjaga kualitas pengolahan data. Beberapa kelemahan Excel 2007 adalah:
1.
Pivot tabel yang menyertakan
banyak kolom/pertanyaan menghasilkan tabel berupa crosstab atau nested atau
tersarang, banyak orang belum mampu membuat tabel dalam 1 pivot yang stack atau
berjajar. Jadi mau tidak mau membuat 2 tabel pivot untuk masing-masing
pertanyaan/kolom. Kendalanya adalah kita harus memperhitungkan jumlah kategori
jawaban yang akan ditabelkan, karena pivot otomatis akan menggunakan kolom dan
baris baru ke samping/kebawah sehingga jika di samping atau dibawah ada tabel
pivot lain, maka akan error.
2.
Untuk tabel yang besar dengan
ukuran file lebih dari 10MB, maka setiap editing/updating data, maka secara
default excel akan melakukan proses Workbook Calculating yang kecepatannya
tergantung dari processor dan ram komputer. Ini cukup memakan waktu pengolahan
data. Tetapi kendala ini bisa dipecahkan dengan mematikan proses calculating
otomatis menjadi Calculating Manual artinya calculating akan dilakukan setiap
kita akan save file excel tersebut. Cara ini cukup efektif dilakukan dengan resiko
jika file tertutup tidak sengaja atau komputer mati tiba-tiba kita bisa
kehilangan data kita. Caranya klik tombol office > Excel Options >
Formulas > Calculation Options, pilih Manual dan Recalculate Workbook before
saving
3.
Untuk membuat kolom baru yang berisi
pengkategorian dari sebuah kolom/jawaban pertanyaan, atau membuat filter
responden; kita harus membuat rumus excel baik rumus matematika, logika maupun
text. Banyak orang yang tidak suka dengan hal ini karena di SPSS misalnya, kita
dengan mudah untuk melakukan filter atau pengkategorian jawaban baru.
2.4.
Istilah-Istilah Excel 2007
Microsoft
Excel merupakan perangkat lunak untuk mengolah data secara otomatis
meliputiperhitungan dasar, penggunaan fungsi-fungsi, pembuatan grafik dan
manajemen data.Perangkat lunak ini sangat membantu untuk menyelesaikan
permasalahan administratif mulai yang paling sedernaha sampai yang lebih
kompleks. Permasalahan sederhana tersebut misalnya membuat rencana kebutuhan
barang meliputi namabarang, jumlah barang dan perkiraan harga barang.
Contoh permasalahan yang lebih kompleks adalah pembuatan laporan keuangan
(general ledger) yang memerlukan banyak perhitungan, manajemen data dengan
menampilkan grafik atau pivot tabel atau penggunaan fungsi-fungsi matematis
ataupun logika pada sebuah laporan. untuk lebih jelasnya fungsi-fungsi tersebut
di sampaikan pada paparan di bawah ini :
Istilah-istilah dalam Excel
a)
Cell : merupakan bagian
terkecil dari worksheet yng dapat diisi dengan jumlah karakter (max. 255
karakter) isi cell dapat berupa value, formula atau text. Contoh : cell A3,
cell D5
b)
Worksheet (lembar Kerja) :
merupakan kumpulan dari 256 kolom dan 65536 baris.
c)
Workbook (buku kerja) :
merupakan kumpulan dari 256 worksheet (berlabel sheet1 sampai sheet 256)
d)
Range : merupakan sekelompok
cell yang akan mendapataksi sama sesuai perintah yang anda jalankan. Pemberian
alamat/ address dilakukan mulai dari cell sudut kiri atas sampai cell sudut
kanan bawah. Contoh : A4:D6 → range mulai dari cell A4 sampai cell D6
e)
Alamat Relatif : merupakan
alamat yang jika dituliskan kedalam bentuk rumus atau fungsi akan berubah jika
dicopy ke cell lain.
Contoh : cell berisi formula A5*6 ,B3 dicopy ke C5 formula pada C5 berubah menjadi B8*6
Contoh : cell berisi formula A5*6 ,B3 dicopy ke C5 formula pada C5 berubah menjadi B8*6
f)
Alamat Semi Absolut : merupakan
alamat yang dituliskan dengan tanda $ didepan baris atau kolomsehingga nilai
tidak akan berubah.
Contoh : Cell B1 berisi formula $A1*7,B1 dicopy kan ke D5 formula pada D5 menjadi $A5*7
Contoh : Cell B1 berisi formula $A1*7,B1 dicopy kan ke D5 formula pada D5 menjadi $A5*7
g)
Alamat Absolut : merupakan
alamat yang dituliskan dengan tanda $ didepan baris dan kolom.tekan tombol F4
untuk menghasilkan alamat absolut pada formula bar. Contoh : cell B1 berisi
formula $A$1&5,B1 dicopy kan ke C3 formula pada C3 menjadi $A$1*5
h)
Name Box : menunjukkan pada
cell/ range yang aktif saat itu. Anda dapat juga membuat nama range melalui kotak
nama disebelah kiri formula bar. Contoh : Holla nama lain range A5:G7
ü Menggerakkan Penunjuk Sel (Cell Pointer)
Cell
Pointer berfungsi untuk penunjuk sel aktif. Yang dimaksud dengan sel aktif
ialah sel yang akan dilakukan suatu operasi tertentu. Untuk menggerakan ponter
dengan Mouse dapat dilakukan dengan meng-klik sel yang diinginkan. Untuk sel
yang tidak kelihatan kita dapat menggunakan Scroll Bar untuk menggeser layar
hingga sel yang dicari kelihatan lalu klik sel tersebut. Untuk kondisi tertentu
kita lebih baik menggunakan keyboard. Berikut daftar tombol yang digunakan
untuk menggerakan pointer dengan keyboard :
Tombol
Fungsi :
·
← ↑ → ↓
Pindah satu sel ke kiri, atas, kanan atau bawah
·
Tab Pindah
satu sel ke kanan
·
Enter Pindah
satu sel ke bawah
·
Shift + Tab
Pindah satu sel ke kiri
·
Shift + Enter
Pindah satu sel ke atas
·
Home Pindah
ke kolom A pada baris yang sedang dipilih
·
Ctrl + Home
Pindah ke sel A1 pada lembar kerja yang aktif
·
Ctrl + End
Pindah ke posisi sel terakhir yang sedang digunakan
·
PgUp Pindah
satu layar ke atas
·
PgDn Pindah
satu layar ke bawah
·
Alt + PgUp Pindah
satu layar ke kiri
·
Alt + PgDn
Pindah satu layar ke kanan
·
Ctrl + PgUp
Pindah dari satu tab lembar kerja ke tab lembar berikutnya
·
Ctrl + PgDn
Pindah dari satu tab lembar kerja ke tab lembar sebelumnya
ü
Jenis Data pada Cell
1. Konstanta, terdiri dari 4 jenis type data yakni :
1. Konstanta, terdiri dari 4 jenis type data yakni :
a)
Character : semua huruf dan
angka yang tidak dapat digunakan dalam melakukan perhitungan yakni A-Z, a-z,
dan 0-9
b)
Numeric : angka yang dapat
digunakan dalam melakukan perhitungan yakni 0-9
c)
Date : data tanggal
d)
Time : data waktu
2. Formula seperti rumus yang selalu diawali
dengan tanda sama dengan
(=………)
atau tanda tambah (+………).
2.5. Cara Menggunakan Microsoft Excel
A.
Menu dan icon pada Microsoft Excel
Gambar 1. Unsur-unsur utama Layar Microsoft
Excel 2007
1. Judul
Menampilkan judul program dan dokumen aktif atau nama
file dari lembar kerja yang aktif.
2. Office Button
Berisi barisan perintah untuk pengoperasian Program yang
standar misalnya membuat dokumen baru, membuka dokumen lama, menyimpan,
mencetak dan mempublish dokumen.
3. Akses Cepat
Toolbar (Quick Access Toolbar)
Merupakan sarana yang disediakan Microsoft Excel untuk
mempercepat akses berkomunikasi dengannya misalnya menyimpan, mencetak dan
sebagainya.
4. Toolbar
Merupakan deretan tool-tool (gambar-gambar) yang
mewakili perintah dan berfungsi untuk mempermudah dan mengefisienkan
pengoperasian program.
5. Help
Bila kita ingin bertanya sesuatu, maka ketik pertanyaan
anda pada tempat tersebut. Ms.Excel akan memberikan alternatif jawaban terhadap
pertanyaan yang dimaksud.
6. Lembar Kerja
(Workbook)
Baris ini berisikan informasi halaman, section, letak
insertion point dan tombol pengendali.
7. Cell
Cell Aktif Penggulung vertikal
8. Lembar aktif
9. Nama Range
10. Fungsi
11. Penggulung
12. Nomor Baris
13. Nomor Kolom
B.
Membuat dokumen pengolah angka
Dari contoh pengelolaan data
sederhana kita akan belajar tentang cara pengetikan di excel, alignment, cara
memformat huruf, cara memformat tabel dan cell. Berikut adalah contoh penerapan
Microsoft Excel dalam bidang keguruan :
Gambar 2. Pengisian Daftar Nilai Siswa
C.
Penerapan Microsoft Excel
Langkah-langkah membuat dokumen
daftar unit kerja seperti pada Gambar 2 adalah sebagai berikut:
1.
Buat Judul dan Sub Judul Laporan
Arahkan kursor pada Cell A1 (Kolom A
dan Baris 1), kemudian ketikkan tulisan “DAFTAR NILAI SISWA” pada Cell aktif
tersebut.
Kemudian ketikkan sub judul laporan pada Cell A1, A2,
A3, dan M5 seperti pada tampilan diatas.
2.
Penggunaan alignment, format font dan format Cell
Untuk membuat Judul Laporan letaknya
di tengah-tengah tabel maka arahkan kursor ke A1 kemudian select cell mulai A1
sampai F1. Kemudian klik tombol Merge Cell agar judul laporan terletak
ditengah-tengah tabel.
Gambar 3
Agar huruf pada judul laporan dan
tabel tebal maka arahkan kursor pada cell kemudian klik tombol Bold atau dapat
juga melakukan format font lainnya seperti underline atau italic.
Selanjutnya data dapat dilengkapi seperti Gambar 2.
3.
Penggunaan format Tabel dan Cell
Microsoft Excel menyediakan
fasilitas format table dengan beberapa template seperti memberi border, warna
border, warna cell dan style font dengan kliktombol format table seperti ini ,
kemudia akan muncul pilihan style formattabel seperti berikut ini.
Kita juga dapat melakukan format
tabel dan format cell sesuai selera kita atau tidak menggunakan template yang
disediakan Microsoft Excel. Seperti contohnya pada Gambar 2. menggunakan format
tabel dan cell sendiri dengan cara :
Gambar 4
Untuk membuat border pada tabel,
blok tabel yang akan di beri border dalam hal ini mulai cell A7 sampai M21,
kemudian klik panah pada tombol dan pilih All Border seperti pada tampilan
dibawah ini.
Gambar 5
Untuk memberi warna pada judul tabel
bisa menggunakan fasilitas format cell dengan cara blok cell A7 sampai M8
kemudian klik tombol kemudian akan muncul pilihan style cell yang akan kita
pilih seperti pada tampilan dibawah ini.
Gambar 6
4.
Penggunaan
Rumus dan Fungsi
Rumus
dan fungsi dalam Excel mempunyai pengertian
yang berbeda, rumus berupa instruksi matematika dalam suatu
sel/range dalam lembar kerja dengan operator aritmatik seperti : +,-, ,/,* dan
^. Sedangkan Fungsi merupakan rumus siap pakai yang digunakan sebagai alat
bantu dalam proses perhitungan. Excel menyediakan ratusan fungsi siap pakai
diantaranya fungsi tanggal dan waktu, matematika dan trigonometri, finansial,
statistik, lookup dan referensi, database, teks, dan lain-lain.
1. Menggunakan Rumus (Formula)
Rumus
merupakan bagian terpenting dari Program Microsoft Excel , karena setiap tabel
dan dokumen yang kita ketik akan selalu berhubungan dengan rumus dan fungsi.
Operator matematika yang akan sering digunakan dalam rumus adalah ;
Lambang Fungsi:
+ Penjumlahan
- Pengurangan
* Perkalian
/ Pembagian
^ Perpangkatan
% Persentase
+ Penjumlahan
- Pengurangan
* Perkalian
/ Pembagian
^ Perpangkatan
% Persentase
Proses
perhitungan akan dilakukan sesuai dengan derajat urutan dari operator ini,
dimulai dari pangkat (^), kali (*), atau bagi (/), tambah (+) atau kurang
(-).
(-).
2. Macam-macam
formula
1. =SUM(…)
Fungsinya :
Untuk melakukan penjumlahan
Bentuk umum :
=SUM(range sel)
Contoh : Misalkan kita akan menjumlahkan dari sel H5
sampai sel H15
Penulisan : =SUM(H5:H15)
2. =COUNT(…)
Fungsinya :
Untuk melakukan counter
Bentuk umum :
=COUNT(range sel)
Contoh :
Misalkan kita akan menghitung jumlah pegawai
yang berada di sel B5 sampai sel B15
Penulisan
: =COUNT(B5:B15)
3. =MAX(…)
Fungsinya : Untuk mencari nilai maksimum (terbesar)
Bentuk umum : =MAX(range sel)
Contoh : Misalkan kita ingin menetukan nilai terbesar dari
sederetan sel yang berada di sel F1 sampai sel
F17
Penulisan : =MAX(F1:F17)
4. =MIN(…)
Fungsinya : Untuk mencari nilai minimum (terkecil)
Bentuk umum : =MIN(range sel)
Contoh : Misalkan kita ingin menentukan nilai
terkecil dari
sederetan sel yang berada di sel F1 sampai sel F17
Penulisan : =MIN(F1:F17)
5. =AVERAGE(…)
Fungsinya : Untuk
mencari nilai rata-rata
Bentuk umum :
=AVERAGE (range sel)
Contoh :
Misalkan kita ingin mengetahui nilai rata-rata dari
sel A11 sampai A17
Penulisan :
=AVERAGE(A11:A17)
6. =ABS(…)
Fungsinya :
Untuk mengubah angka-angka yang ada dalam
daftar argumennya menjadi bilangan mutlak
(absolut)
Bentuk umum :
=ABS(range sel)
Contoh :
Misalkan kita bermaksud mengetahui secara
mutlak dari sel yang kita aktifkan, misal di sel
F17
Penulisan :
=ABS(F17)
7. =SQRT(…)
Fungsinya :
Untuk menghitung akar dari bilangan X. Bilangan
X tidak boleh negatif
Bentuk umum :
=SQRT(range sel)
Penulisan :
= SQRT(25)
8. =IF(…;…;…)
Fungsinya :
Untuk mengecek apakah nilai yang kita gunakan
sebagai kunci benar atau salah (memenuhi syarat
atau tidak)
Bentuk umum: =IF(logical_test ;
Value_if_true ; Value_if_false)
Contoh :
Misalkan kita akan membandingkan nilai di suatu
sel yang berada di sel F17, tentang kriteria siswa
dinyatakan lulus atau gagal dengan ketentuan
sbb.Jika nilai rata-rata siswa lebih besar sama
dengan 60, maka siswa dinyatakan LULUS, dan
sebaliknya.
Penulisan :
=IF(F17>=60:”LULUS”;”GAGAL”)
(artinya jika kolom F17 lebih besar sama dengan
60, maka LULUS, jika kurang dari 60, maka
GAGAL)
Keterangan :
Jika kondisi di sel F17 terpenuhi, maak kerjakan Value_if_true,
jika kondisi di sel F17 tidak terpenuhi, maka kerjakan Value_if_false
9. =DATE(Year,Month,Date)
Fungsinya :
Untuk menghitung jumlah hari
Contoh :
=DATE(73,8,11) à 26887 hari
10. =VLOOKUP
Fungsinya : Untuk pembacaan suatu tabel secara vertikal
Bentuk umum: =VLOOKUP(lookup_value;
table_array;
Col_index_num; Range_lookup)
11. =HLOOKUP
Fungsinya : Untuk pembacaan suatu tabel secara horizontal
Bentuk umum: =HLOOKUP(lookup_value;
table_array;
Col_index_num; Range_lookup)
12. =LEFT(…;…)
Fungsinya : Untuk mengambil teks sejumlah karakter tertentu
dari sebuah kiri
Bentuk umum: =LEFT(teks;jumlah
karakter yang diambil)
Contoh :
Misal kita akan mengambil karakter yang ada di
sel F17 (Februari) sebanyak 3 huruf
Penulisan :
=LEFT(F17;3) à hasilnya Feb
13. =RIGHT(…;…)
Fungsinya : Untuk
mengambil teks sejumlah karakter tertentu
dari sebuah kanan
Bentuk umum: =RIGHT(teks;jumlah
karakter yang diambil)
Contoh :
Misal kita akan mengambil karakter yang ada di
sel F17 (Februari) sebanyak 3 huruf
Penulisan :
=RIGHT(F17;3) à hasilnya ari
14. =MID(…;…;…)
Fungsinya :
Untuk mengambil teks dari kedudukan tertentu
dengan sejumlah karakter tertentu
Bentuk umum: =MID(teks;start_number; number_char)
Contoh :
Misal kita akan mengambil karakter baru yang
ada di sel F17 (Februari)
Penulisan :
=MID(F17:3:3)
5.
Menyimpan Dokumen
Untuk menyimpan dokumen klik
Save . Maka akan terjadi salah satu dari 2 hal berikut :
·
Apabila file belum pernah disimpan,
Word akan menampilkan kotak dialog Save As seperti dibawah. Dan apabila
sebelumnya file pernah disimpan dengan nama yang sama, maka Word akan menyimpan
file dan mengembalikan tampilan ke layar dokumen.
Untuk memberi nama pada file ketikkan nama yang diinginkan dalam kotak File name, lalu tekan tombol Save.
Untuk memberi nama pada file ketikkan nama yang diinginkan dalam kotak File name, lalu tekan tombol Save.
·
Apabila kita ingin menyimpan
file yang pernah disimpan dengan nama dan format penyimpanan lain maka pilih
Office Button kemudian klik tanda panah pada Save as dan pilih format
penyimpanan lain misalnya disimpan dengan format Microsoft Excel 97-2003.
BAB
3
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
Microsoft Excel
atau Microsoft Office Excel adalah sebuah program aplikasi lembar kerja
spreadsheet yang dibuat dan didistribusikan oleh Microsoft Corporation untuk
sistem operasi Microsoft Windows dan Mac OS. Aplikasi ini memiliki fitur
kalkulasi dan pembuatan grafik yang baik, dengan menggunakan strategi marketing
Microsoft yang agresif. Selain meng-calculation dengan menggunakan penggunaan
Rumus dan Fungsi, Microsoft Excel 2007 juga dapat membuat data tabel yang bila
di-print akan menghasilkan hasil yang sama seperti pada Microsoft Word 2007.
Kita juga bisa membuat Header dan Footer pada lembaran kita, dan juga kita bisa
membuat sebuah grafik data otomatis.
3.2 Saran-Saran
3.2 Saran-Saran
Jadi
kesimpulan dari penyusunan makalah ini mengupas tuntas tentang bagaimana cara
mengaplikasikan Microsoft Excel sesuai dengan harapan. Dengan demikian sedikit
banyak makalah ini dapat membantu dalam menjawab semua rumusan masalah yang ada
dan semua pertanyaan – pertanyaan yang berhubungan dengan Microsoft Excel.
Posting Komentar