Software Membatasi Limit Kecepatan Transfer Download dan Upload


Bagi pengusaha warnet atau pemakaian jaringan komputer di rumah dan di perkantoran, yang menggunakan fasilitas internet bersama-sama, kadang sering pusing diakibatkan pengaturan bandwith komputer yang tidak merata kepada masing-masing komputer. Apalagi bila seseorang yang menggunakan komputer pada jaringan tesebut dan mendownload file yang besar, maka sebahagian besar bandwith akan mengalir ke komputer tersebut, sementara komputer lain speed internetnya akan melambat.
Untuk mengatasi masalah tersebut harus dilakukan management bandwith atau lebih tepatnya adalah membatasi setiap komputer untuk menggunakan bandwith, agar semua komputer mendapat jatah bandwith yang sama pada jaringan.
Bagaimana cara melakukannya :
Pada artikel ini akan dibahas sebuah software untuk mengontrol bandwith, artikel ini memang sudah lama, tapi gratis. Ada beberapa perangkat lunak untuk membatasi bandwidth yang sangat baik seperti NetLimiter dan SoftPerfect Bandwidth Manager tetapi shareware, itu artinya anda harus membeli software tersebut untuk dapat menggunakannya.
Software yang kita bahas disini adalah Shunra Nimbus.
Seperti yang anda lihat tampilan program, sangat sederhana. Hanya menginstal dan menjalankan Nimbus dari menu start. Anda dapat memilih kecepatan bandwidth yang Anda ingin membatasi dan klik Play. dengan setting 14.4, 28.8, 33,6, 56,0, 64,0, 128,0 dan 256,0. Jumlahnya dihitung pada kilobit (Kb) dan bukan Kilobyte (KB). Jadi, jika Anda memilih 256,0, itu berarti Anda pembatasan Internet di 32KBps. 1 byte sama dengan 8 bit. Hanya membagi angka dengan 8. Jika Anda keluar dari program, maka pembatasan bandwith juga akan berhenti. Shunra Nimbus tidak lagi tersedia di website resmi tetapi saya berhasil menemukan file setup instalasi. anda bisa download Shunra Nimbus 
Untuk membatasi bandwith pada komputer client maka setiap komputer harus diinstall program ini dan dimasukkan ke dalam startup agar saat komputer dihidupkan maka program ini langsung bekerja.
Cara mensettingnya
Sebagai contoh bila anda memiliki akses internet 2 Mbps di sharing ke 10 komputer termasuk server maka anda harus melakukan perhitungan
  • 2 Mbps = 2000 kbps
  • Untuk 11 komputer = 2000/11 = 182 Kbps/komputer
  • Setting yang harus anda pilih pada setiap komputer adalah 182/8 = 22,75 kbps
  • Tapi karena batas terkecil dari setting yang ditentukan, maka anda dapat memilih 28.8 Kbps

0 Response to "Software Membatasi Limit Kecepatan Transfer Download dan Upload"

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkunjung, silahkah tinggalkan komentar anda, tapi sebelum berkomentar silahkan baca dulu peraturannya :

1. Berkomentarlah menggunakan bahasa yang sopan

2. Dilarang mencantumkan komentar yang berisi SARA atau bersifat provokatif

3. Dilarang mencantumkan LINK di dalam isi komentar kecuali di halaman "Tukar Link"

4. Jangan meninggalkan komentar SPAMM,

5. Berkomentarlah sesuai tema artikel

6.Jika anda melanggar peraturan diatas, maka dengan
terpaksa saya akan langsung menghapus komentar anda.

Terimakasih.

Popular posts